Strategi Pemasaran Produk

Konsultan Pemasaran | Konsultan Penjualan | Cara Meningkatkan Omset Penjualan | Cara Menaikkan Omset Penjualan | Strategi Pemasaran Produk

5 Cara Pemasaran Produk Efektif

Pemasaran produk atau marketing sangat penting bagi sebuah perusahaan. Tanpa pemasaran, penjualan produk perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar. Tetapi, setiap perusahaan memiliki keunikannya tersendiri. Karena itulah strategi pemasaran harus disesuaikan dengan masing-masing perusahaan. Namun secara garis besar inilah 5 cara marketing produk yang efektif untuk produk
Anda.

Lakukan Market Research
Market research atau penelitian pasar merupakan hal pertama yang harus dilakukan tim marketing. Tanpa mengenal pasar, bisnis Anda tidak akan mampu bertahan. Pertama-tama, ketahuilah siapa yang menggunakan produk Anda. Misalnya Anda menjual produk
perawatan kulit untuk remaja perempuan. Maka, Anda bisa menargetkan demografis perempuan berusia antara 12-19 tahun.
Semakin spesifik pasar yang Anda targetkan, peluang sukses Anda semakin besar. Sebab, Anda bisa mengeluarkan produk dan pelayanan yang eksklusif untuk konsumen.

Pilih Tempat Usaha yang Sesuai
Tempat usaha yang Anda pilih harus strategis. Jika Anda menjual produk perawatan kulit untuk remaja wanita, salah satu yang cocok adalah membuka gerai di mall. Sebab, banyak gadis berusia 12-19 tahun sering mengunjungi mall untuk berbelanja.
Tempat usaha bisa berupa toko fisik maupun online di marketplace. Jika Anda memiliki modal yang terbatas, berjualan melalui online shop dapat menjadi alternatif yang baik. Apalagi semakin banyak orang melakukan online shopping terutama demografis usia muda. Sebaliknya, memasarkan produk secara online kurang efektif jika target Anda adalah lansia yang kurang aktif menggunakan internet. 
Jadi, tempat usaha harus disesuaikan dengan pasar.

Promosi untuk Pemasaran Produk
Tahap selanjutnya adalah melakukan promosi. Promosi harus bisa kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian konsumen potensial. Selain itu, promosi juga harus dilakukan secara konsisten agar pasar mengetahui dan mengingat adanya produk Anda.
Promosi dapat dilakukan secara online maupun offline. Promosi online misalnya melalui konten di media sosial, sedangkan contoh promosi offline adalah memberikan diskon bagi 10 pelanggan pertama di toko Anda.

Tetapi, promosi paling efektif adalah “word of mouth”. Konsumen yang puas dengan produk Anda cenderung mengajak keluarga dan teman-teman untuk ikut menggunakannya. Sebaliknya, jika mereka tidak puas, mereka akan mempengaruhi orang-orang dekatnya untuk tidak membeli produk tersebut. Jadi, promosi perlu dibarengi dengan terus meningkatkan mutu produk agar pelanggan
selalu puas. 

Menjalin Relasi dengan Pelanggan
Pelanggan adalah aset terbesar Anda. Apalagi promosi “word of mouth” memiliki potensi yang sangat besar untuk menyukseskan ataupun membuat bisnis Anda gagal. Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa meminta review atau feedback mengenai produk Anda. Hal ini bisa dilakukan melalui survei tatap muka ataupun online di media sosial.

Tanggapilah masukan yang ada secara cermat. Agar pelanggan tertarik untuk memberikan review atau testimoni, Anda bisa memberikan reward seperti voucher diskon.

Reward juga dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Misalnya dengan memberikan gratis satu produk setelah melakukan sepuluh kali transaksi. Hal tersebut membuat pelanggan merasa dihargai sehingga meningkatkan kesetiaan konsumen. Citra bisnis Anda pun meningkat dan pelanggan tidak akan ragu merekomendasikannya ke orang-orang terdekat mereka.

Selalu Berinovasi
Anda harus selalu berinovasi untuk meningkatkan daya saing produk Anda. Pelajari baik-baik testimoni pelanggan dan juga perubahan dalam selera pasar agar produk tidak ketinggalan zaman. Pada dasarnya, pemasaran produk yang baik tidak perlu menjelaskan produk tersebut karena kualitas yang unggul cukup untuk menarik pelanggan.

Anda bisa langsung menghubungi kami di: www.yohanwibisono.id


Atau mengisi form di bawah ini:
(text yang bold wajib diisi)