Cara Meningkatkan Omset

Konsultan Pemasaran | Konsultan Penjualan | Cara Meningkatkan Omset Penjualan | Cara Menaikkan Omset Penjualan | Strategi Pemasaran Produk

Kiat Sukses Pemasaran Online

Dewasa ini, pemasaran online atau online marketing menjadi strategi pemasaran produk pilihan banyak bisnis sebagai Cara Menaikkan Omset Penjualan. Hal ini tidak mengherankan karena internet sangat mempengaruhi gaya hidup semua orang. Banyak hal-hal yang dulunya harus offline sekarang dapat dilakukan secara online, seperti berkomunikasi lewat media sosial atau berbelanja di online shop.

Mengikuti perubahan pola hidup konsumen, pemasaran pun dilakukan secara online. Berikut beberapa kiat untuk sukses dalam teknik pemasaran ini. Konsultan pemasaran atau konsultan penjualan pun banyak menyarankan hal ini.

Kenali Media untuk Pemasaran Online sebagai Cara Meningkatkan Omset Penjualan
Online marketing dapat dilakukan melalui banyak media. Agar bisa sukses menggunakannya, Anda perlu mengenali setidaknya beberapa media paling umum berikut ini. 

Website Pemasaran
Website atau situs adalah halaman yang digunakan untuk memberikan informasi utama mengenai sebuah perusahaan dan produk yang dijual.

Marketplace
Marketplace merupakan situs khusus jual beli online. Penjual bisa membuka online shop di sini dan bertransaksi dengan pembeli.

Media Sosial
Media sosial dapat dilakukan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Misalnya dengan membuat konten yang menarik, memberikan informasi promo, dan menjawab pertanyaan dari pelanggan.

Messaging Apps
Contoh messaging apps adalah WhatsApp, Telegram, Line, ataupun aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengirim pesan.

Email Marketing
Email atau surat elektronik cocok untuk melakukan kampanye marketing yang spesifik. Marketing melalui email sering dilakukan dalam bentuk newsletter atau email berlangganan mengenai produk terbaru dari sebuah bisnis.

Iklan
Seperti iklan konvensional di televisi, iklan di berbagai situs di internet bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen mengenai produk Anda. Iklan dapat dilakukan lewat media sosial, search engine marketing, ataupun endorsement dengan influencer.

Ketahui Segmen Pasar Bisnis Anda
Sebelum memulai pemasaran, Anda harus mengetahui terlebih dahulu siapa yang menjadi target Anda. Anda harus mengetahui demografis pasar Anda secara spesifik. Mulai dari gender, tempat tinggal, usia, dan media internet yang sering digunakan. Hal ini supaya kegiatan pemasaran Anda lebih tepat sasaran.

Misalnya jika target Anda adalah profesional berusia paruh baya, pemasaran akan lebih tepat jika melalui iklan di portal berita. Sedangkan jika target Anda adalah remaja, media sosial seperti Instagram lebih tepat.

Memilih Media yang Tepat
Setelah mengetahui segmen pasar Anda, tahap selanjutnya adalah memilih media yang tepat. Setiap media memiliki keunikan yang berbeda. Penggunanya pun berbeda-beda, jadi sesuaikanlah dengan pasar Anda.
Tidak ada satu media yang lebih unggul, tetapi ada beberapa media yang lebih cocok untuk bisnis Anda. Anda bisa menggunakan kombinasi lebih dari satu jenis media.

Membuat dan Menyebarkan Konten
Konten atau content adalah sebuah informasi yang bisa dipahami dan dinikmati audiens. Konten bisa berupa teks, artikel, gambar, ataupun video.
Konten merupakan kunci kesuksesan online marketing. Sebab, sekarang orang lebih memilih produk yang mempunyai cerita di baliknya. Konten yang baik memiliki sebuah cerita yang menarik perhatian audiens dan bersifat personal.

Konten juga harus memenuhi kriteria Search Engine Optimization (SEO) terutama di website. Hal ini supaya jika orang mencari jenis produk yang Anda jual melalui mesin pencari, situs Anda akan muncul di posisi yang tinggi pada hasil pencarian. Jadi, orang lebih mudah menemukan tentang produk Anda.

Jenis konten pun harus sesuai dengan media. Misalnya untuk media sosial, Anda bisa membuat konten yang menggunakan fitur medsos agar mudah dilihat, contohnya Instagram story. Konten yang tepat adalah strategi pemasaran online yang efektif.

Konsultasikan tantangan penjualan yang sedang Anda hadapi dengan mengirim email ke yohanwibisono@yahoo.com. Sekiranya kami (saya dan tim) ada ide untuk berkontribusi membantu memberikan solusinya, insya Allah kami bantu.

Cara membeli di sini sangat mudah. Bacalah petunjuk di bawah ini dan Anda siap untuk mulai berbelanja :)

  1. Klik pada tombol beli pada item yang ingin Anda beli
  2. Jika Anda sudah selesai memilih barang, klik "check out"
  3. Selanjutnya, pilih alamat tujuan Anda
  4. Halaman terakhir adalah untuk pengecekan. Jika semuanya sudah benar, klik OK
  5. Order Anda telah kami terima. Tunggu kabar dari kami.

Selamat berbelanja!