Ingin Sukses Memasarkan Produk? Kenali Manajemen Pemasaran yang Baik


Berat : 0,00 Kg

Ketersediaan : Tersedia

Setiap perusahaan atau jenis usaha apapun pastinya ingin meraup keuntungan, benar satu strategi yang dilakukan dengan mengotak – atik bagian pemasaran karena pada bagian inilah perusahaan berurusan dengan pembeli. Namun, bagaimana cara membuat usaha anda menjadi maju sesuai dengan manajemen pemasaran yang baik?

Apa Itu Manajemen Pemasaran?
Manajemen pemasaran sebenarnya merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam program pemasaran yang berisi langkah – langkah untuk mempertimbangkan peluang pasar berdasarkan sumber daya internal yang dimiliki perusahaan tersebut. Jadi, manajemen pemasaran merupakan proses aplikasi dari sistem perencanaan terkait pemasaran serta kegiatan perusahaan.

Sebenarnya, jika ingin membahas lebih singkat maka manajemen pemasaran merupakan proses pengendalian atau koordinasi segala kegiatan dalam perusahaan untuk membuat pemasaran produk menjadi lebih baik. 

Apa Saja Peran Manajemen Pemasaran?
Proses efektifitas suatu perusahaan dapat dilakukan dengan meningkatkan kekuatan perusahaan pada basis pelanggan serta meningkatkan pendapat positif dari konsumen untuk perusahaan. Fokus dari manajemen pemasaran umumnya lebih kepada aspek psikologis pemasaran. Biasanya manajer pemasaran akan bertanggung jawab terhadap kepuasan pelanggan, untuk itu seorang manajer pemasaran yang baik harus mulai mengatur, mengkoordinasi, serta mengendalikan kondisi agar tercapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

Seorang pakar manajemen yang cukup terkenal yakni Kotler dan Armstrong  menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan suatu cara analisa, planning, penciptaan serta cara untuk membangun dan mempertukarkan gagasan agar tercapai tujuan yang diinginkan perusahaan. 

Konsep dasar mengenai manajemen pemasaran dapat diringkas diantaranya yang pertama yakni melakukan riset untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar, lalu anda bisa melakukan plan barang apa yang akan anda jual. Setelah itu, fokus pelayanan lebih diutamakan dengan memperhatikan dan mencintai pelanggan tanpa melupakan kualitas produk. Intinya,anda harus melakukan apapun sebisa mungkin dalam rangka menghargai uang pelanggan.

Konsep dasar pemasaran yang cukup sering kita kenal adalah konsep tentang produksi, penjualan, pemasaran, sosial hingga pemasaran yang bersifat global. Konsep produksi merupakan konsep yang menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang tersedia dimana – mana dan harganya cukup murah. Sehingga, perusahaan umumnya akan berorientasi pada bagaimana cara untuk
menghasilkan produk yang bisa mencapai seluruh pasar dan efisiensi cukup tinggi. Setelah itu ada konsep produk, dimana seorang konsumen akan memilih produk yang memiliki mutu, ciri serta performa yang cukup baik. Tugas manajemen yang tepat adalah membuat produk yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi karena bagi konsumen produk yang baik adalah produk yang berkualitas.

Manajemen pemasaran juga terkait dengan konsep penjualan, sebuah konsep yang menyatakan bahwa penjualan sebuah produk harus diberikan secara gencar serta agresif. Konsep selanjutnya mengenai konsep pemasaran, konsep ini menyatakan bahwa tujuan jangka panjang dari manajemen pemasaran adalah menentukan kebutuhan serta keinginan dari pasar agar perusahaan tetap dapat
memberikan kepuasan untuk pelanggan dengan lebih efektif serta efisien jika dibandingkan dengan kompetitor. 

Konsep lainnya yakni terkait manajemen pemasaran sosial, bahwa tugas sebuah organisasi dalam hal ini perusahaan yakni untuk menentukan kebutuhan, keinginan serta kepentingan pasar agar menciptakan kepuasan sosial guna mengalahkan pesaing namun juga tetap berusaha secara penuh untuk meningkatkan kesejahteraan pelanggan. Terakhir, tentang konsep pemasaran global dimana
seorang manajer harus tetap berupaya untuk tahu terkait faktor lingkungan agar bisa menentukan pemasaran yang baik melalui penyusunan manajemen strategis dengan kuat guna menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Profile Konsultan Pemasaran klik disni