Pengertian Pemasaran dan Strategi Pemasaran Produk

  • Berat: 0,00 Kg
  • Availability: In Stock

Strategi Pemasaran Produk

Hal yang akan dibahas disini adalah mengenai pemasaran produk dan bagaimana strateginya, seperti yang anda tahu sebagai pengusaha menengah atas sangat diperlukan melakukan pemasaran produk untuk mencapai target penjualan yang baik dan bukan hanya menengah atas saja yang melakukan pemasaran namun segala bisnis usaha produk maupun jasa semua jenis kalangan juga
harus menerapkan promosi produk.

Arti Pemasaran 
Pengertian pemasaran disebut juga marketing atau promosi, promosi dilakukan oleh semua orang yang memiliki usaha bisnis dalam bentuk apapun yang bertujuan untuk mengenalkan produk yang mereka jual atau yang mereka tawarkan. Mengenai pemasaran tentu seorang pengusaha akan melihat siapa saja yang cocok untuk mereka tawari produk yang ia jual. Namun secara luas
pemasaran berarti kegiatan dalam menjual barang, mengirim barang dan menawarkan barang kepada target sasaran, sasaran yang tepat akan membuat perusahaan lebih mudah mendapatkan konsumen dan akan menambah banyak keuntungan.

Adanya pemasaran akan membuat orang lebih mudah untuk menyampaikan produk ke konsumen, tentunya mereka akan lebih mudah juga untuk mengetahui kualitas produk yang akan di beli. Pemasaran adalah hal yang penting dilakukan dalam berbisnis, dalam pemasaran produk ini perlu menjadi bahan utama untuk menentukan strategi, karena penting bagi pengusaha selain menentukan target maka harus ada strateginya. Pemasaran yang menuju ke sasaran lebih tepat dengan strategi yang tetap tentu akan menghasilkan keuntungan yang tepat juga. Jika bisnis usaha anda tanpa adanya strategi dan target tentu tidak akan berjalan dengan lancar, dalam hal pemasaran produk ini lebih difokuskan ke produk tersebut, harganya, dan tempat promosi. 

Di dalam pemasaran produk harus dapat menjangkau lebih banyak konsumen (Cara Meningkatkan Omset Penjualan), produk yang ditawarkan tentu harus sudah jelas sesuai dengan kebutuhan konsumen yang ditawari atau belum, harus sangat diperhatikan karena menyangkut kebanyakan konsumen akan lebih jeli melihat produknya sebelum ia membeli. 

Pemasaran produk di zaman sekarang lebih mudah daripada di jaman dulu, di jaman dulu semua serba terbatas dan teknologi yang juga sangat terbatas, hanya orang yang sangat mampu saja yang dapat melakukan pemasaran produk dengan media sebagai senjata pendukungnya, maka untuk jaman sekarang ini anda dapat memakai teknologi yang lebih canggih dan harga lebih mudah
dijangkau. Di dalam perusahaan pasti mempunyai prinsip dan strategi sendiri – sendiri yang tentu akan berbeda dengan perusahaan lain.

Strategi Pemasaran Produk 
Apa itu strategi pemasaran produk, strategi adalah perencanaan sesuatu hal yang dilakukan oleh seseorang dalam mencapai sebuah misi dalam hidupnya. Perencanaan yang tepat tentu akan menghasilkan sesuatu yang tepat sesuai dengan yang diinginkan, dan strategi pemasaran produk adalah kegiatan dimana anda melakukan promosi sebagai proses untuk meningkatkan kualitas
produk dan memperkenalkan produk anda. Berikut beberapa strategi pemasaran produk.

1. Pastikan Tempat Usaha yang Anda Pilih Mudah Dijangkau Oleh Siapapun (Strategis)
 Tempat merupakan hal yang sagat utama selain menjadi  ladang akan pendapatan tempat juga menentukan pemasaran produk yang didapatkan besar atau kecil. Tempat yang tepat akan memudahkan anda untuk mendapatkan lebih banyak peluang ketika anda melakukan pemasaran produk.

2. Rajin Melakukan Promosi dan Diskon
 Promosi atau pemasaran produk harus kerap dilakukan, apalagi dengan diskon tujuanya untuk menambah daftar konsumen agar lebih memilih produk anda daripada produk sama di lain tempat, target sasaran harus tepat setelah tempat yang tepat juga, ketika tempat dan target sasaran tepat maka pemasaran produk atau promosi akan berlangsung dengan
mudah.

3. Gunakan Skill Marketing Online Dengan Social Media
 Seperti yang sudah anda ketahui mengenai marketing online, maka sangat perlu digunakan untuk menunjang kelangsungan usaha anda. Marketing online sangat membantu dalam pemasaran produk anda karena akan menjangkau lebih banyak wilayah dan produk dengan skill marketing yang bagus akan mudah menemukan konsumen, selain itu marketing online juga dapat diakses oleh siapapun dimanapun jadi buatlah sebaik mungkin pemasaran produk anda melalui marketing online digital yang sudah berkembang saat ini. 

4. Pastikan untuk Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen
 Pada umumnya konsumen yang sudah pernah membeli produk anda dan  menyukai produk anda maka mereka akan kembali mencari ke toko anda, terlebih jika mereka nyaman dengan pelayanan pemasaran produk yang anda lakukan, maka jalinlah hubungan baik antar konsumen

5. Mengevaluasi Produk dan Meningkatkan Kualitas Produk
 Untuk mengetahui kualitas produk anda, anda harus sering membandingkan produk satu dengan yang lain, misal model, merk dan harga. Ketika anda melihat produk yang lebih laku di pemasaran dan yang tidak begitu laku, maka disitu anda harus evaluasi kembali produk tersebut dan tingkatkan atau ajukan diskon ke produk tertentu agar tetap menguntungkan dan agar stock juga tidak menumpuk itu – itu saja, harus targetkan produk ini produk itu terjual dalam berapa pekan atau berapa bulan. Artinya anda harus lebih memikirkan kebutuhan konsumen.

Demikian beberapa strategi yang bisa anda pahami sebelum melakukan pemasaran dan setelah anda paham akan strategi pemasaran produk, maka akan lebih mudah bagi anda ketika ingin meningkatkan usaha anda dengan memanfaatkan pemasaran produk yang baik dan benar sesuai strategi yang sudah anda rencanakan dengan matang.

Untuk melihat profile Konsultan Marketing atau Konsultan Pemasaran Anda klik disini