Strategi Pemasaran

Sort By:

Strategi pemasaran atau marketing strategy adalah usaha untuk memasarkan produk dari sebuah perusahaan dengan menggunakan strategi yang sudah disusun. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk entah itu jasa atau barang. Strategi pemasaran memainkan peran penting dalam mengembangkan bisnis karena akan menentukan harga dari produk yang seharusnya.

Penentuan harga ditentukan oleh tiga hal yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran adalah usaha yang harus dilakukan setelah adanya produk yang sudah diproduksi oleh perusahaan. Pemasaran dengan menggunakan digital adalah strategi pemasaran yang tepat dan ampuh untuk menjangkau banyak konsumen dari kategori usia yang berbeda dan dimana saja. Anda sebagai pebisnis hanya perlu mengotimalkan hal tersebut dengan tim marketing dan disesuaikan dengan produk yang ditawarkan. 

Tujuan strategi pemasaran 
Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting dalam membangun  bisnis baik jasa maupun barang. Anda akan melihat hasil usaha dari menjalankan bisnis melalui besaran pemasaran yang sudah dilakukan. Umumnya strategi pemasaran harus dilakukan karena memiliki beberapa tujuan utama seperti untuk meningkatkan interaksi antar tim yang ada di bagian marketing. Pemasaran juga akan menjadi tolak ukur untuk melihat hasil pemasaran apakah sudah sesuai dengan standar penjualan atau tidak. Tujuan strategi pemasaran lainnya juga adalah sebagai bahan untuk memutuskan keputusan bagaimana pemasaran selanjutnya. 

Langkah efektif sebelum melakukan pemasaran 
Tim marketing dari perusahaan harus mulai dengan membagi target pasar ke dalam beberapa kelompok. Calon konsumen tersebut diatur sesuai dengan apa yang dibutuhkan target pasar? Karakteristik dari setiap calon konsumen dan strategi seperti apa yang akan dilakukan oleh perusahaan setelah mengetahui hal tersebut. Selanjutnya kelompok yang sudah ada, perusahaan mulai menentukan target dan karakteristik yang memenuhi untuk menjadi konsumen produk anda.

Setelah melakukan hal tersebut perusahaan akan mulai dengan meningkatkan hubungan dengan konsumen, memberikan harga diskon dan sebagainya. Jangan langsung menjangkau banyak kelompok konsumen lakukan secara bertahap untuk bisa mempermudah peningkatan produk dan evaluasi. 

Selanjutnya adalah mulai mengetahui bagaimana cara melakukan pemasaran terhadap kelompok-kelompok yang berbeda. Perhatikan produk anda dengan produk lainnya, apa yang membedakan dan daya tarik tersendiri. Jika anda membuat produk yang sama, tentu konsumen akan berpikir beberapa kali untuk hal tersebut. 

Ketika anda mulai mengetahui target pasar dengan baik, anda bisa melakukan strategi pemasaran seperti pemberian potongan harga, menggunakan sosial media untuk promosi, memanfaatkan selebgram atau influence dan sebagainya. 

Hal yang harus dihindari ketika melakukan strategi pemasaran
Melakukan pemasaran produk tidak bisa dilakukan secara sembarangan, anda benar-benar harus mengetahui taktik dan cara yang tepat dan akan menguntungkan perusahaan anda. Hindari untuk memberikan janji yang berlebihan. Anda harus mengetahui tujuan konsumen, jika anda tidak mengetahui apa tujuan konsumen. Jangan menjual atau memproduksikan barang yang tidak dibutuhkan oleh target pasar anda. Jika anda menggunakan media sosial untuk membantu memasarkan produk, anda harus menyusun rencana sebaik mungkin. Mencari konten yang menarik dan menata layout dengan baik. 

Selain itu hal yang perlu dihindari adalah salah menentukan target pasar dan tidak melakukan komunikasi terhadap calon konsumen. Memberikan informasi yang lengkap tentang produk juga adalah hal yang harus dilakukan. Jangan memberikan informasi setengah-setengah. Ada beberapa tipe konsumen yang sudah diberikan detail informasi lengkap tentang produk saja masih akan bertanya bagaimana jika setengah-setengah? Atau bahkan tidak ada informasi sama sekali?. Ini tentu akan merugikan usaha anda. 

Untuk mengetahui profile Konsultan Pemasaran Anda: klik disini